Perbaikan LCD Notebook

20 04 2009

1. MENGGANTI DISPLAY: Mengganti Layar LCD pada Notebook

Jangan terburu-buru mengganti  notebook hanya karena layarnya rusak. Berikut cara menggantinya. Layar LCD (display) notebook yang rusak bisa diganti dengan modul layar bekas, diperbaiki, atau bahkan dengan layar LCD yang baru dari pabrik.

Penggantian layar masih wajar dilakukan, termasuk untuk notebook kelas Pentium III bermerek Lenovo IBM, Compaq, Toshiba, atau Dell. Notebook seperti ini masih sanggup menjalankan program Office dan Internet masa kini dan biasanya masih memiliki nilai jual.

Kali ini CHIP mereparasi sebuah notebook Fujitsu Siemens Amilo M1451G. Untuk merek lainnya, tahapannya tidak jauh berbeda. Pada gambar 1, 2, dan 3 dapat dilihat jenis kerusakan layar yang sering terjadi, antara lain lapis­an layar pecah, kesalahan garis, dan goresan atau baret. Bagaimana cara melepaskan layar rusak, ditunjukkan pa­­da langkah 1 sampai 5. Untuk memasang layar baru dengan benar, lakukan sebaliknya dari langkah 4 hingga 1. Sebelum bekerja, cabut aliran listrik dan baterai untuk meng­hindari risiko tersengat listrik, terutama pada langkah 4.

Persiapkan obeng dan layar baru

Anda hanya membutuhkan sebuah obeng kembang kecil, kete­nang­an dan layar baru. Anda bisa mendapatkannya di layanan purna jual dari merek notebook bersangkutan atau mencarinya langsung di toko-toko notebook bekas.

Apabila kurang yakin dapat memasang sendiri, Anda dapat memanfaatkan jasa penggantian yang dilakukan langsung oleh teknisi profesional . Harga untuk layar  pengganti tergantung dari model notebook. Umumnya berkisar satu juta ke atas.

Kerusakan 1: Lapisan Layar yang Pecah

Image

Seni abstrak – Kerusakan layar  yang sering terjadi ini biasanya disebabkan oleh tekanan dari dalam atau luar yang terlalu besar pada layar. Jatuhnya notebook dari meja pun dapat men­ja­di biang keladinya. Produsen pun bisa saja lalai saat men-setup-nya. Namun hal ini sulit dibuktikan oleh konsumen.

Kerusakan 2: Kesalahan Garis atau TAB

Image

Cacat garis horizontal/vertikal – Ke­­sa­lahan ini muncul akibat kerusakan pada kendali horizontal atau vertikal dalam ‘menggambar’ garis, sehingga ada bagian garis yang hilang atau bahkan seluruh blok. Garis tersebut biasanya berwarna putih atau hitam. Warna merah, hijau, atau biru juga bisa terjadi.

Kerusakan 3: Goresan atau Kerusakan Polarisasi

Image

Baret penggangu tampilan – Layar terdiri atas dua lapisan (satu di atas lainnya). Tiap layar ditempeli lapisan polarizer untuk difusi cahaya. Lapisan terluar mudah rusak terkena gesekan atau tekanan keyboard. Lapisan ini da­pat diganti, tetapi disaran­­kan untuk menye­rahkannya pada teknisi profesional.
Langkah 1: Menyingkirkan Blind

Image

Mencari sekrup: Layar LCD biasanya dikelilingi oleh 4 hingga 8 lapisan pelindung plastik atau karet. Lepaskan sekrup secara hati-hati dengan obeng minus atau kembang. Pada gambar tampak sekrup penghubung bodi layar dan notebook sedang dilepaskan.

Langkah 2: Menyingkirkan Bingkai Penutup

Image

Mengangkat hati-hati:     Setelah semua sekrup dilepaskan, singkirkan bingkai penutup layar. Biasanya hanya dikencangkan dengan klip. Mulailah dari bagian bawah layar (engsel layar). Di sini, obeng minus dan sedikit tekanan ke atas sudah memadai untuk melepaskannya.
Langkah 3: Melepaskan Display dari Bingkai

Image

Membongkar: Empat sekrup kecil di kiri dan kanan menahan display dengan rel dalam penutup notebook. Lepaskan sekrup-sekrup ini. Apabila layar juga ditahan oleh pita perekat, singkirkan sekalian. Kini, Anda dapat mengeluarkannya secara hati-hati dari rel dengan kedua tangan.

Langkah 4: Menyingkirkan Kabel Data

Mencabut kabel power: Sinyal listrik pada layar  pada circuit board terjadi melalui kabel pita dari chip graphics. Sambungan ini juga bisa diperkuat dengan pita perekat. Di bagian bawah layar biasanya ada steker 2 pin untuk power supply penerangan latar belakang. Tariklah kedua kabel dengan hati-hati keluar.

Langkah 5: Memasang Display Baru

Image

Siap diganti: Apabila penutup notebook Anda tampak seperti dalam gambar di sebelah kiri, Anda telah menyelesaikan setengah pekerjaan. Layar yang baru kini dapat Anda pasang dengan urutan terbalik – dari langkah 4 hingga langkah 1.
2. Bluray-drive: Mengidentifikasi Masalah Playback Film HD pada PC
Apabila Anda ingin me­­mutar film Bluray terbaru pada PC, dibutuhkan lebih dari sekadar BD player. Bahkan, dengan gra­phics card dan monitor terbaru pun masalah bisa datang. Ada apa gerangan?

Image

Melacak masalah Bluray – Gunakan HD/HD-Advisor untuk mendiagnosis apakah PC Anda telah kompatibel dengan standar HD.

TIPS: Untuk menikmati film High Definition (HD) pada PC “susah-susah gampang”. Umumnya, harus ada kerja sama antara sembilan (9) komponen sistem agar film Bluray tampil sempurna pada monitor atau televisi berstandar HD. Un­tuk memeriksa kompatibel-tidaknya PC Anda dengan standar ini gunakan CyberLink BD/HD Advisor (www.cyberlink.com). Proses download relatif cepat karena ukuran programnya hanya 4 MB.
Setelah instalasi, pilih opsi untuk me­­mutar media “Bluray-Disk”. Kecuali Anda juga masih ingin memutar media HD-DVD yang diramalkan bakal “punah”. Ad­­visor menampilkan hasilnya dalam war­na-warna lampu “lalu-lintas”, yaitu Hijau yang berarti “semua oke”. Kuning untuk “dibutuhkan driver-update”, dan merah berarti “tidak kompatibel Bluray”. Warna terakhir berarti Anda perlu mengganti komponen. Dalam versi terbarunya, program ini pun telah mendukung chipset terbaru seri Intel GMA X4500HD (G45), GeForce GPU terbaru seri 8/9, dan chip graphics AMD Radeon HD dari keluarga 2×00 dan 3×00.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: