Apa sieh Window7 ??

23 04 2009
Sistem operasi terbaru yang dikembangkan Microsoft Windows 7 akan segera menghiasi komputer. Windows 7, yang merupakan kelanjutan Windows Vista, mulai dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan pada akhir tahun 2009 atau awal 2010, disusul dengan retail setelahnya.

Pengembangan Windows versi 7 ini dipicu oleh perkembangan hardware, serta pertumbuhan mobile computing yang pesat. Menurut Windows Client Product Manager dari divisi Business Marketing Organisations Microsoft Indonesia Lukman Susetio, Windows 7 ini setidaknya akan dilengkapi oleh 50 fitur baru.

Salah satu fitur tersebut adalah DirectAccess. Fitur ini secara otomatis menglokalisasikan file yang telah diunduh oleh seorang pegawai dari suatu source ke dalam jaringan intranet kantor, sehingga jika ada pegawai lainnya yang hendak mengunduh file yang sama, dia tidak perlu mengunduh dari source awal. Hal ini tentu akan menghemat bandwidth.

Selain itu, terdapat fitur-fitur lainnya, seperti fitur personalise yang memungkinkan wallpaper desktop user berubah-ubah dalam termin waktu yang dipilih. Lukman mengatakan, versi Windows 7 beta saat ini dapat diunduh oleh masyarakat dari awal tahun ini hingga 10 Februari mendatang.

“Kami memperkirakan Windows 7 beta akan di-download oleh 2,5 juta orang. Dengan demikian, kami berharap akan mendapat feedback dari masyarakat,” ujarnya pada acara Media Outing, Kamis (28/1) siang di Bandung.

Sementara itu, untuk user interface yang ada di Windows 7 beta, lanjut Lukman, masih terdapat kemungkinan untuk berubah. Ia juga melanjutkan, Windows 7 ini akan keluar dalam beberapa versi. Untuk harga, ia mengatakan tidak akan jauh berbeda dengan harga Windows Vista. (kompas)

Ke depannya, Lukman berjanji akan lebih transparan dalam pengembangan Windows-Windows selanjutnya. “Kami akan usahakan keluar setiap tiga tahun sekali,” tegasnya.

W 7 di rilis dalam 6 versi

Microsoft Windows 7 diperkirakan keluar dalam 6 versi. Hal ini telah disampaikan oleh pihak Microsoft.

1. Windows 7 Starter Edition, untuk kalangan OEM dari produsen PC.
2. Windows 7 Home Basic, untuk pemakaian rumah dan PC murah.
3. Windows 7 Home Premium, untuk mereka yang mengunakan PC dirumah tetapi memiliki fungsi penuh. Seperti fitur koneksi antar perangkat lain.
4. Windowws 7 Professional, diperuntukan bagi kalangan bisnis dan profesional. Dimana penguna dapat bekerja dirumah, tetapi yang setara dengan pekerjaan IT manager dan penguna bisnis. Fitur khusus seperti sistem keamanan dan produktivitas lebih ditekankan. Mirip seperti Vista Business, dan dengan Windows 7 akan diberi nama Windows 7 Professional.
5. Windows 7 Ultimate, Ini untuk pengila PC yang sering berganti hardware dengan sistem keamanan lebih baik seperti fungsi BitLocker yang dimiliki Windows 7 Enterprise.
6. Windows 7 Enterprise, ini yang paling tinggi. Seluruh fitur Windows 7 ada diversi ini. Fitur khusus seperti Advanced Data Protection. Versi Ultimate tidak akan dijual ke pasar Retail atau untuk OEM PC.

Keunggulan Windows 7 dibanding Windows Vista

Windows 7 Lebih Baik dari Vista, Booting Cuma 18 Detik!!

Sejak Windows 7 memasuki pre-beta, Microsoft membeberkan banyak sekali detik tentang bagaimana Windows 7 akan lebih baik dari berbagai versi Windows sebelumnya. Di acara Windows Hardware Engineering Conference (WinHEC), Microsoft menjelaskan bagaimana Windows 7 dirancang untuk menyelesaikan proses boot/shut down lebih cepat maupun mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan Vista walaupun keduanya OS sebenarnya memiliki pondasi yang sama.

Waktu boot dan shut down yang lebih cepat hanyalah salah satu dari berbagai aspek peningkatan kinerja Windows 7 yang sebelumnya sudah dijanjikan Steve Sinofsky. Microsoft dapat mencapai waktu boot yang lebih cepat melalui berbagai cara:

* Mengurangi jumlah system services
* Mengurangi konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service
* Optimisasi driver
* Memulai beberapa service dan driver secara parallel
* Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD

Walaupun sebelumnya kita sudah membahas bagaimana Windows 7 akan lebih hemat daya, konferensi WinHEC memberikan detil lebh lanjut tentang bagaimana Microsoft mencapai hal ini. Beberapa di antaranya adalah konsumsi daya yang lebih sedikit saat menggunakan jaringan nirkabel dan beberapa optimisasi kernel yang memungkinkan CPU untuk beroperasi dalam frekuensi yang lebih rendah dan memiliki waktu idle lebih lama. Hasil akhirnya adalah daya tahan baterai yang lebih baik dari 11% hingga 15% lebih baik dari Vista — untuk Windows 7 pre-beta, versi finalnya akan lebih baik lagi.

oba tebak?? di bawah ini adalah tampilan dari windows apa??
Tapilanya emang seperti windows vista ya,…?? tapi jangan heran ini adalah tampilan dari windows 7, bukan winsows vista tapi tampilan windows vista juga ga kalah bagus koq,…

nah,…berberapa gambar di atas tadi beberapa screenshootnya dari windows 7., beberapa kelebihan yang ditambilpkan adalah..,tampilan yang begitu memukau., bisa dilihat sendiri di atas tho ? bebrapa kemudahan juga bisa didapatkan disini., contohnya windows flip 3D., kita bisa langsung berpindah2 program., dengan mudah., satau kelebihan lagi., klau buat browsing., cepet banget bro., dan yang paling menarik disini adalah windows 7 udah disertai windows media center., jadi klau di dalm kompi or laptop kita ada TV tuner internalnya., kita bisa langsung lihat TV di situ., dengan kejernihan gambar tentunya., jadi., patut dicoba juga., windows yang satu ini., satu lagi., kelebihan windows ini., lodingnya cepet., ga’ seperti windows vista ? jadi klau temen2 pengin nyoba windows ini., SELAMAT MENCOBA dah. microsoft., mkin TOPBGT.

akhir dari postingan ini., apakah., windows seven., benar2 sebagain penyempurna windows vista atau tidak ? kita tunggu ajah., dirilisnya oleh microsoft., kalu yang mau nyoba., silahkan download sendiri., di situsnya microsoft yah., filenya cukup besar sih., sekitar., 2.9 GB. SELAMAT MENCOBA !


Microsoft sangat serius memperhatikan masalah performa pada sistem operasinya yang akan datang, Windows 7. Berbagai hal mereka lakukan untuk membuat pengguna lebih nyaman memanfaatkan sistem operasi lanjutan dari Vista tersebut. Berbagai hal dilakukan untuk membuat pengguna lebih nyaman memanfaatkan OS baru tersebut.

Salah satu optimalisasi yang mereka lakukan adalah dengan mengutak-atik Windows sounds. Menurut kabar untuk Vista perusahaan asal Redmond, Washington itu telah menyewa sekitar 10 staf khusus untuk membuat sekitar 2 ribu variasi audio untuk meramaikan sistem operasi itu dalam 2 tahun terakhir.

Kini, pada Windows 7 Microsoft akan memangkas file-file WAV yang biasanya terdengar ketika pengguna kan melakukan shutdown atau logoff. Hasilnya? Menurut Microsoft, kedua proses di atas akan lebih cepat diselesaikan sekitar 400 milidetik dibanding biasanya.

Selain optimalisasi di sisi suara, Microsoft juga menghadirkan sejumlah optimalisasi. Sebagai contoh, kini tersedia tombol [Close] pada taskbar list. Indexing terhadap file juga lebih baik. Pengguna yang sering memasangkan perangkat USB dan perangkat removable lainnya juga bisa memanfaatkan fungsi “eject” terbaru. Terakhir, sistem partisi juga sudah disederhanakan bagi pengguna yang menggunakan dual boot dan lebih dari satu partisi. (PCAuthority/vivanews)

Fitur-fitur Terbaru dari Windows 7

Microsoft baru saja memamerkan sistem operasi teranyar mereka, Windows 7, untuk pertama kalinya di Indonesia. Lebih dari 50 fitur baru dibenamkan dalam OS ini.

Windows 7 sepertinya memang dibuat untuk menyempurnakan sang pendahulu, Windows Vista. Hal itu terlihat dari tampilan user interface-nya yang tak berbeda jauh dengan Vista.

Namun, seperti dikatakan Lukman Susetio, Windows Client Product Manager Microsoft Indonesia, Windows 7 berjalan lebih cepat ketimbang Vista. “Karena meskipun dibangun dari kernel Vista, tapi Windows 7 sudah melalui proses re-enginering,” tukasnya.

Mau tahu fitur baru apa saja yang ada di Windows 7? Simak informasi yang kami kutip dari detikcom, ketika Microsoft memamerkan Windows 7 versi beta untuk pertama kalinya di Indonesia.

-. User Interface: Seperti sudah disebutkan sebelumnya, jangan mengharapkan tampilan yang revolusioner dari Windows 7, sebab hampir mirip dengan Vista. Sedikit perbedaan mungkin Windows 7 tampil dengan lebih ‘bersih’, dengan tidak diramaikan terlalu banyak icon di halaman desktopnya. Di sebelah kanan bawah halaman desktop, Microsoft bahkan membatasi penggunaan icon menjadi lebih sedikit yakni cuma 4 icon.

-. Gadget: Pengguna Windows 7 dibebaskan berkreasi dengan icon gadget semisal jam, CPU meter, kalender dll, karena bisa ditempatkan di sembarang tempat pada halaman desktop. Sementara di Vista, icon gadget hanya bisa ‘diparkir’ di sebelah kanan tampilan.

-. Action Center: Microsoft membuat suatu pusat kontrol baru di Windows 7 yang diberi nama Action Centre. Lewat fitur ini, user dapat melakukan modifikasi sekuriti, maintenance, penyelesaian trouble shooting hingga mengetahui isu-isu apa saja yang tengah terjadi di komputer user.

-. Themes: Windows 7 juga menyajikan pilihan themes yang lebih bervariasi. Wallpaper juga bisa diatur untuk berubah secara otomatis dalam rentang waktu yang sudah ditentukan.

-. Pinning: Fitur ini dibuat untuk memudahkan user mencari file yang sering mereka buka. Jadi, semacam ada jump list.

-. Snap: Fitur ini digunakan bagi mereka yang ingin lebih mudah ketika mau membandingkan dokumen. User tak perlu repot-repot men-drag ukuran file, tinggal menggeser dokumen tersebut ke kiri/kanan file tersebut akan secara otomatis berubah menjadi setengah ukuran. Sementara jika digeser ke atas/bawah, maka file itu akan kembali ke ukuran sebenarnya.

-. Hoffer: Fitur ini berfungsi untuk mengubah halaman yang dibuka menjadi transparan. Tombol hoffer sendiri berada di sebelah kanan bawah halaman desktop.

-. Media Center: Fitur media center sebenarnya bukan barang baru di keluarga Windows, karena sebelumnya ada di Vista. Namun di Windows 7, tampilan media center disulap menjadi lebih menarik. User bisa memainkan file musik dan memutar koleksi foto/gambar secara otomatis.

-. Sharing Koneksi: Fitur ini juga sebelumnya telah hadir di Vista, namun Windows 7 membuatnya menjadi lebih mudah. Hanya dalam 4 langkah, user bisa sharing koneksi internet dengan user lainnya.

-. Direct Access: Fitur ini hanya bisa digunakan untuk pelanggan korporat. Fungsinya untuk mengindahkan penggunaan virtual private network (VPN) agar utilisasi bandwidth menjadi lebih optimal.

-. Branch Cache: Fitur ini juga hanya untuk pelanggan korporat, yang secara otomatis menempatkan file yang telah di-download oleh seorang pegawai dari suatu sumber di internet ke dalam jaringan intranet kantor. Alhasil, jika ada pegawai lainnya yang ingin men-download file yang sama, dia tidak perlu lagi men-downloadnya dari sumber awal. Hal ini tentunya akan menghemat bandwidth.

Dikatakan Lukman, sekitar 90 persen fitur yang ada di Windows 7 versi beta ini akan digunakan di Windows 7 versi akhir. Sementara untuk tampilan atau user interface, masih ada kemungkinan untuk berubah. Jadi, kita tunggu saja!



Aksi

Information

One response

23 04 2009
qiera

wah…kok ada spec minimumnya ya?

salah satu faktor penting itu (menurut q) untuk membantu memutuskan bakal beralih ato tidak

*soalnya spec kompi ma laptop rendah2 sih😛

Visit me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: