Fitur Windows 7

23 04 2010

Produktivitas


Aksesibilitas

Windows 7 memberikan banyak cara untuk berinteraksi dengan PC dengan mengambil keuntungan dari langkah baru dalam mengenali suara dan sentuhan teknologi.

Speech

Windows Speech Recognition kini bekerja lebih baik dan dengan program yang lebih banyak. Maka, daripada menggunakan keyboard, kini Anda dapat memberitahu komputer Anda apa yang harus dilakukan. Mulailah e-mail Anda dengan mengatakan nama penerima, menjelajahi web tanpa keyboard, atau memerintahkan dokumen Anda.

speech
Windows Speech Recognition merespon pada suara Anda.


Magnifier
(Kaca Pembesar)
Magnifier atau kaca pembesar membesarkan teks dan gambar yang sulit dilihat. Cara kerjanya menampilkan secara penuh di layar membesarkan desktop keseluruhan, dan lensa memperbesar pada area khusus. Di dalam window kaca pembesar, Anda dapat meng-klik tombol dan menempatkan teks secara normal yang Anda inginkan.

magnifier
Zoom kaca pembesar di desktop Anda


On Screen Keyboard
(Keyboard Pada Layar)

On-screen keyboard atau keyboard pada layar memungkinkan Anda memiliki “keyboard tanpa keyboard” menggunakan mouse atau hot keys. Dengan Windows Touch dan hardware yang tepat, Anda juga dapat memasukkan teks dengan mengetikkannya langsung pada layar. Kecepatan prediksi kata muncul pada: mengetik beberapa huruf pertama dari kata, dan Windows akan menyelesaikannya untuk Anda-dan memprediksi kata selanjutnya pula.

keyboard
On-Screen Keyboard bekerja dengan mouse, hot keys, atau layar sentuh.

Visual Notifications and Narrator (Notifikasi visual dan Narator)
Windows 7
dapat dengan jelas membaca teks pada layar dan menjelaskan beberapa kejadian (seperti pesan yang eror), membantu Anda menggunakan komputer tanpa tampilan. Dengan Audio Description atau deskripsi suara, Anda dapat mendengar narasi dari apa yang terjadi di video. Windows juga dapat menggantikan sinyal suara dengan isyarat visual seperti screen flash, maka sinyal suara dapat diperhatikan bahkan ketika tidak terdengar.

narrator
Narator membantu Anda menggunakan komputer tanpa tampilan

Aero


Pengalaman menggunakan Aero pada desktop, tersedia pada Windows 7 edisi Home Premium, Profesional, dan Ultimate, yang dikombinasikan dengan gambar-gambar menarik dengan cara-cara baru dan berguna untuk mengatur desktop Anda.

Aero visual hallmark mengikutsertakan animasi yang halus dan kaca windows yang bening, dimana Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan. Pilih palet warna yang diikutsertakan, atau ciptakan warna Anda sendiri dengan color mixer.

Ada hal yang dapat dilakukan dengan Aero. Pilih icon taskbar dan Anda akan melihat preview berukuran thumbnail-bahkan ketika video sedang berjalan. Thumbnail-nya akan berbayang, dan akan berubah menjadi preview layar penuh. Aero Shake dan Aero Peek, sementara itu, memotong melalui desktop yang berantakan dan secara cepat menutup windows yang terbuka atau membuatnya tidak terlihat.

aerodesktop

Pengalaman menggunakan Aero pada desktop dalam Windows 7 membuat mudah untuk mengekspresikan kepribadian dengan tema dan sentuhan buatan lainnya.

Aero Peek


Peek memberikan Anda kekuatan dari penglihatan X-ray, maka Anda dapat menampilkan semua windows yang sudah dibuka langsung di desktop Windows 7. Secara sederhana, tunjuklah batas kanan dari taskbar-dan lihat windows yang terbuka secara cepat berubah menjadi transparan, membuka semua icon dan gadgets yang tersembunyi.

Untuk secara mudah membuka window yang tersembunyi, tunjuklah thumbnail taskbar. Maka, hanya window itulah yang memperlihatkan desktop.

Peek juga termasuk dalam Windows 7 edisi Home Premium, Profesional, dan Ultimate. Jika Anda menyukainya, lihat pula dua fitur yang berhubungan: Aero Shake and Snap.

aeropeek
Lihat cara kerja Peek


Aero Shake

Pernahkah Anda memotong jalan pintas melalui desktop yang berantakan dan secara cepat fokus kembali pada satu window? Klik pada kaca jendela window dan goyangkan mouse Anda. Voila! Setiap window yang terbuka, kecuali yang satu, akan secara cepat menghilang. Goyangkan lagi-dan windows Anda akan kembali (Siapa yang bilang mouse yang lama tidak dapat belajar trik yang baru?)
Jika Anda menyukai Shake, lihat dua fitur kami yang berhubungan: Aero Shake dan Snap.

aeroshake
Lihat cara kerja Aero Shake


Desktop


Dengan Windows 7, kami membuatnya lebih mudah untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan di desktop.

Cara-cara baru untuk memanipulasi windows

Kewalahan dengan banyak window yang terbuka? Windows 7 menyajikan tiga fitur baru yang sederhana namun kuat, yang disebut dengan Aero Shake, Aero Peek, dan Snap untuk membantu Anda secara cepat membersihkan desktop yang berantakan.

peekaboo

Mengintip: Aero Peek mengubah windows yang terbuka menjadi bening sehingga Anda dapat melihat apa yang terdapat di desktop Anda.

Wallpaper baru yang mengagumkan

Kita menghabiskan banyak waktu memandangi PC kita. Estetika seharusnya tidak untuk menjadi pemikiran di kemudian hari. Oleh karena itu, Windows 7 memberikan sejumlah latar belakang desktop baru-wallpapers-mulai dari yang mewah hingga yang konyol. Atau cobalah slide show desktop, yang menampilkan serangkaian gambar yang berputar (milik kami atau milik Anda). Desktop Anda tidak akan menjadi suram lagi.

Windows 7 membuatnya lebih mudah untuk mengekspresikan kepribadian dengan tema kreatif baru dan sentuhan gaya Anda lainnya.

Retooled Taskbar
Sejak Windows 95, taskbar telah berperan sebagai titik untuk pergi ke tempat tujuan untuk launching program dan mengganti windows. Waktu dan kebiasaan PC telah berubah. Maka, di Windows 7, taskbar telah sepenuhnya didesain ulang untuk membantu Anda bekerja dengan lebih pintar, mengambil jalan pintas, dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan lagi.

taskbar

Pengembangan dari taskbar baru Windows 7 yang meliputi preview thumbnail dari halaman web, dokumen-dan bahkan video yang berjalan.

Improved gadgets
Gadgets, mini-program yang terkenal yang dikenalkan di Windows Vista, kini lebih fleksibel dan menyenangkan. Berdasarkan masukan dari Anda, kami telah menyelesaikannya dengan Sidebar, maka Anda dapat menempelkan gadget dimanapun di dalam desktop.

gadget
Gadget favorit dapat berada di mana saja pada desktop Windows 7.
Note: Tidak semua fitur yang disebutkan di atas tersedia dalam semua edisi Windows 7. Lihat halaman fitur individu untuk lebih lengkapnya.

Device management


Dalam Windows 7, bekerja dengan kamera, telepon selular, dan alat lain tidak pernah menjadi semudah ini. Berterimakasihlah pada dua fitur baru: Device Stage serta the Devices and Printers folder.

Device Stage
Device Stage menyediakan tempat tersendiri untuk memeriksa dan mengatur telepon genggam, printer, kamera digital, dan alat yang sesuai lainnya.


Anda dapat mengatur Device Stage untuk menunjukkan status yang relevan (seperti nomor dari jumlah jepretan kamera) dan menu pilihan (seperti memilih ringtone). Device Stage selalu disesuaikan dengan alat-alat yang sama dengan model sebenarnya.

deviceman
Lihat cara kerja Device Stage

Devices and Printers
Folder Devices and Printers baru membuat Device Stage selangkah lebih maju, untuk menunjukkan kepada Anda bahwa semua terhubung dengan PC Anda.

deviceprinter

Getting started


Apakah Anda termasuk orang yang baru pada dunia komputer atau yang sudah ahli, Getting Started dapat membantu Anda dan mengoperasikan dengan cepat pada PC baru Anda.

Getting Started adalah pusat tempat untuk mentransfer dan mem-back up file, menambah akun pengguna, dan mempersonalisasi Windows 7-dengan kata lain, semua hal yang biasanya Anda lakukan dengan PC baru Anda setelah membuka tempatnya.

gettingstarted
Window Getting Started pada Windows 7

Jump List
Jump Lists-baru di Windows 7-membawa Anda langsung pada dokumen, gambar, lagu, atau situs web yang Anda nyalakan setiap hari. Untuk membuka Jump List, cukup klik kanan icon program pada taskbar Windows 7. (Anda juga akan menemukannya pada menu Start).

Apa yang Anda lihat di Jump List bergantung sepenuhnya pada program. Jump List untuk Internet Explorer 8 menunjukkan situs web yang dlihat secara berulang kali. Daftar Windows Media Player 12 secara umum memutar lagu. Jump List Anda luput akan kegemaran Anda? Anda dapat “mencantumkan” file apapun yang Anda suka disana.

Jump Lists tidak hanya menunjukkan jalan pintas pada file-file. Terkadang, mereka juga menyediakan akses yang cepat untuk memerintahkan beberapa hal seperti menulis pesan e-mail baru atau memutar musik.

jumplist
Lihat cara kerja Jump List

Libraries
Libraries-baru di Windows 7-membuat segalanya mudah untuk ditemukan, bekerja dengannya, dan mengatur file yang terpencar di PC atau jaringan Anda. Sebuah perpustakaan membawa barang-barang Anda dalam satu tempat-tak peduli dimana sebenarnya barang itu disimpan. Hasilnya? Tugas Anda akan terselesaikan lebih banyak.

Misalnya, Anda mengumpulkan album keluarga dari jepretan-jepretan yang tersembunyi dalam hard drive eksternal, PC pasangan Anda, dan laptop Anda. Sebelumnya, mencari jepretan yang spesifik akan menjadi pekerjaan yang membosankan. Dalam Windows 7, secara sederhana Anda menciptakan perpustakaan, berikan nama (mungkin “Foto Keluarga”), dan katakan pada Windows, bagian terjauh manakah yang perpustakaan baru Anda harus masukkan. Foto-foto Anda secara fisik masih terletak di tiga titik yang berbeda-namun sekarang mereka tampil dalam satu window.

Windows 7 muncul dengan perpustakaan untuk dokumen, musik, gambar, dan video. Namun, Anda dapat mengatur mereka, atau menciptakan sesuka hati, dengan beberapa klik. Ada lagi. Anda juga dapat secara cepat mengelompokkan dan mengatur libraries-contohnya, dokumen sesuai tipenya, gambar berdasarkan tanggal diambilnya, atau musik berdasarkan genre-nya. Dan secara mudah membagi libraries tersebut pada orang-orang dalam jaringan rumah (lihat HomeGroup).

libraries
Lihat cara kerja Libraries

Location Aware Printing


Apakah Anda secara rutin mencetak pada berbagai printer dari laptop Anda? Sekarang Anda tidak perlu lagi secara manual menyalakan printer-printer ketika Anda pergi, misalnya, dari rumah ke tempat kerja. Windows 7 akan bekerja secara otomatis.

Fitur baru, termasuk di dalam Windows 7 edisi Profesional dan Ultimate, bekerja seperti ini: Dimanapun Anda mencetak, Windows 7 mengingat jaringan mana dan printer yang digunakan. Ketika nantinya Anda kembali pada titik tersebut, Windows secara otomatis menyalakan printer seharusnya untuk menyesuaikannya dengan yang terakhir Anda gunakan. Anda juga secara manual akan memasangkan printer-printer dengan jaringan-jaringan.

awareprinter
Dengan Location-Aware Printing, yang Anda hanya lakukan adalah klik-Print.

Snap


Snap adalah cara baru yang cepat (dan menyenangkan) untuk mengatur ulang besar windows yang terbuka, dengan secara sederhana membawa mereka pada sisi layar Anda.

Tergantung pada dimana Anda membawa sebuah window, Anda dapat membuatnya membesar secara vertikal, membawa ke keseluruhan layar, atau memperlihatkan sisi demi sisi dengan window lain. Snap membaca, mengatur, dan membandingkan windows..Anda pun akan mendapat gambarannya!
Jika Anda menyukai Snap, lihat pula dua fitur baru yang berhubungan: Aero Peek dan Aero Shake.

snap
Lihat cara kerja Snap

Snipping tools


Snipping Tool memotret jepretan layar dari apapun yang ada di desktop Anda, seperti gambar atau bagian dari sebuah halaman web.

Memotong keseluruhan window, bentuk persegi dari layar, atau menggambar outline dengan tangan bebas dengan mouse atau pena tablet. (Atau jari Anda, jika Anda menggunakan PC dengan layar sentuh). Kemudian, Anda dapat menambahkan catatan, menyimpan, atau e-mail gambar tersebut menggunakan tombol yang tepat berada dalam window Snipping Tool. Snipping Tool tersedia hanya dalam Windows 7 edisi Home Premium, Professional, dan Ultimate.

snippingtool
Snipping Tool memotret semua atau sebagian dari Desktop Anda.

Sticky notes
Sepenting pensil atau klip kertas, Sticky Notes lebih bermanfaat. Dalam Windows 7, Anda dapat memformat teks catatan, mengubah warnanya dengan klik, dan secara cepat mengubah besarnya, menon-aktifkan, dan melipatnya.

Jika Anda memiliki Tablet PC atau touchscreen, Sticky Notes pada Windows 7 menyediakan pena pendukung dan input sentuhan-Anda bahkan dapat mengubah antara metode input yang berbeda dalam ruang dari catatan tersendiri. Sticky Notes hanya tersedia pada Windows 7 edisi Home Premium, Professional, dan Ultimate.

stickynotes
Sticky Notes bahkan lebih berguna pada Windows 7.

Tablet PC Improvements
Windows 7 menawarkan beberapa pengembangan untuk orang-orang yang suka tanpa mouse dan keyboard. Mereka hanya tersedia pada Windows 7 edisi Home Premium, Professional, dan Ultimate.

Tablet Math
Akhirnya, Anda dapat mengambil catatan tablet Anda pada kelas Aljabar: Math Input Panel yang baru mengenali ekspresi tulisan tangan matematika dan mengintegrasikan dengan program lain. Pengenalan bentuk membuat Anda membuat diagram dan bagan pada isinya, tanpa adanya gangguan kecenderungan untuk membentuknya mengubahnya menjadi huruf.

tabletmath
Math Input Panel baru mengenali formula tulisan tangan

A Mightier Pen
Dengan Windows 7, pengenalan tulisan tangan lebih cepat, lebih akurat dan mendukung berbagai bahasa-termasuk terobosan untuk sistem penulisan Asia Timur.

Personalized custom dictionaries membantu mengenali kosa kata yang khusus (seperti istilah medis dan teknik), dan prediksi kata yang mempercepat proses input untuk membuat catatan Anda dengan cepat.


mightierpen
Mencatat dengan cepat dengan input pena yang lebih baik.

Touch and Go
Kemampuan multitouch (dengan hardware yang benar) membebaskan Anda dari pena, membuat Anda dapat klik-kanan, scroll, dan bekerja dengan gambar menggunakan jentikan jari Anda.

Isyarat-isyaratnya intuitif: tekan dan tahan klik kanan, gerakkan dua jari terpisah untuk zoom out dan kembali bersama untuk zoom in, jentikan untuk menelusuri halaman, dan sentuhan dua titik dan putaran untuk mengubah suatu gambar.


touchgo
Touch technology kini tersedia pada beberapa Tablet PC

Windows Live Essentials


Apakah Windows Live Essentials? Secara sederhana dijelaskan, adalah software gratis yang membuat PC bersistem operasikan Windows 7 dapat melakukan hal banyak lainnya, seperti e-mail, instants messaging, photo editing, dan blogging.

Windows Live Essentials tersedia di Windows Live website. Download gratis meliputi:

messengerMessenger
Mengobrol secara cepat dengan teman-teman dan keluarga dari PC Anda atau mobile phone.
photogal
Photo Gallery
Temukan, perbaiki, dan berbagi foto-foto Anda.
mail
Mail
Mengatur berbagai akun e-mail (seperti Hotmail) dalam satu tempat
writer
Writer
Menulis blog Anda, menambahkan foto-foto dan video, kemudian menampilkannya di web.
moviemaker
Movie Maker
Mengubah foto-foto dan video-video menjadi film dan slide show berpenampilan menarik.
famsafety
Family Safety
Mengatur dan mengawasi aktivitas online sehingga anak-anak Anda tetap aman.
toolbar
Toolbar
Mencari secara instan dari halaman web manapun.


Windows Search

Dalam Windows 7, Anda dapat menemukan beberapa hal lain di beberapa tempat-dan melakukannya dengan cepat.

Mulai mengetik pada boks search start menu-dan Anda secara cepat akan melihat deretan dokumen yang relevan, gambar-gambar, musik, dan e-mail pada PC Anda. Hasil-hasilnya kini dikelompokkan berdasarkan kategori dan berisi kata kunci yang menonjol dan potongan kata untuk membuatnya mudah dicermati.

Beberapa orang menyimpan semua dokumen mereka pada satu tempat sekarang ini. Maka Windows 7 juga didesain untuk mencari hard drive eksternal, PC berjaringan, dan libraries. Kewalahan dengan hasil pencariannya? Anda dapat secara cepat meringkasnya berdasarkan tanggal, tipe dokumen, dan kategori berguna lainnya.

win-search
Lihat cara kerja Windows Search

Windows Taskbar
Tentu, taskbar baru Windows 7 adalah tempat yang familiar bagi Anda dan sama untuk mengubah antara berbagai windows. Namun kini lebih mudah dilihat, lebih fleksibel, dan lebih kuat.

Contohnya, di Windows 7, Anda dapat “mencantumkan” program favorit dimana saja pada taskbar untuk akses lebih mudah. Tidak tergila-gila pada deretan icon? Kini Anda dapat mengatur ulang sesuai yang Anda suka dengan klik dan membawanya.

Akhirnya, ada cara baru untuk preview windows. Tunjuk icon taskbar untuk melihat preview thumbnail dari dokumen atau file yang terbuka. Kemudian, pindahkan mouse pada thumbnail untuk melihat tampilan penuh window. Anda juga bahkan dapat menutup preview thumbnail-penyelamat waktu yang besar.

Pastikan untuk melihat fitur taskbar yang berhubungan ini: Aero Peek, Action Center, dan Jump Lists.

taskbar-act
Lihat cara kerja taskbar

Windows XP mode
Inilah yang terbaik untuk dua dunia: Windows XP Mode yang baru memungkinkan software Windows XP Business bekerja tepat pada desktop Windows 7.

Didesain secara primer dengan pola pikir bisnis berukuran kecil dan medium, Windows XP Mode datang sebagai download yang terpisah dan bekerja hanya dengan Windows 7 Professional dan Ultimate. Windows XP Mode juga membutuhkan software virtualisasi seperti Windows Virtual PC. Keduanya tersedia gratis pada situs web Microsoft.

Untuk mendownload Windows XP Mode atau belajar tentang persyaratan sistemnya, kunjungi Windows Virtual PC website.

xpmode

Windows XP Mode, tersedia untuk Windows 7 edisi Professional dan Ultimate, membantu menghindari program bisnis yang lebih tua menjadi kuno


Aksi

Information

Tinggalkan komentar